cs@seimangkeisez.com

Posisi KEK Sei Mangkei Terhadap Lingkungan Eksternal

Posisi KEK Sei Mangkei terletak sangat strategis di Sumatra Utara. Akses tol yang sedang disiapkan memberikan waktu perjalanan sekitar 1 jam 15 menit saja dari Ibu Kota Sumatra Utara, yakni Medan. Dari segi distribusi, lokasi KEK Sei Mangkei juga sangat dekat dengan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan utama untuk KEK Sei Mangkei, berkisar 10 Menit/ via tol atau sekitar 45 menit melalui jalan umum. Posisi KEK Sei Mangkei juga cukup dekat dengan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Sumatra Utara, yaitu Danau Toba dengan waktu tempuh sekitar 1,3 Jam saja dari KEK Sei Mangkei.

Letak Geografis

KEK Sei Mangkei terletak di Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera, Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun, Kecamatan Bosar Maligas. Secara geografis Kabupaten Simalungun terletak pada koordinat ’02036 – 03018′ Lintang Utara dan ’98032 – 99035′ Bujur Timur. Keadaan topografi Kabupaten Simalungun bervariasi yaitu dataran tinggi dan dataran rendah, berada pada ketinggian antara 20 – 1400 m di atas permukaan laut.

KEK Sei Mangkei

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2012 pada tanggal 27 Februari 2012 dan merupakan KEK pertama di Indonesia yang telah diresmikan beroperasi oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2015. KEK Sei Mangkei yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara memiliki bisnis utama berupa industri kelapa sawit dan karet dan difokuskan untuk menjadi pusat pengembangan industri kelapa sawit dan karet hilir berskala besar dan berkualitas internasional.